adsense

Sabtu, 28 Mei 2011

Cuti Bersama

Cuti bersama adalah cuti yang diadakan oleh pemerintah dalam hari besar, misal idul fitri, natal, atau hari besar lainnya. Cuti bersama ini memotong cuti tahunan Pegawai Negeri Sipil sehingga cuti yang semula merupakan hak setiap pegawai menjadi kewajiban pegawai tanpa memikirkan konsekuensi yang akan terjadi pada pegawai.
Sebagai contoh tahun 2011, pemerintah menetapkan cuti bersama selama 4 hari, selanjutnya dengan seenaknya menambah cuti bersama 2 hari lagi, sehingga jumlah cuti bersama 6 hari. Pemerintah hanya memberi cuti tahunan kepada pegawainya sebanyak 12 hari. Maka sisa cuti tahun 2011 adalah 6 hari.
Pemerintah telah merampas hak kami, kami sudah berencana menggunakan cuti untuk apa. Ada yang mempersiapkan cuti untuk menunggu istrinya melahirkan serta mendampingi di hari-hari pertama kelahiran. Ada pula yang memersiapkan cuti untuk ibadah di bulan Ramadhan. Ada yang berencana berwisata. Dan masih banyak lagi perencanaan penggunaan cuti tahunan.
Ada media yang mengatakan "cuti bersama menguntungkan PNS tetapi merugikan masyarakat". Justru PNS dirugikan karena kehilangan cuti yang sudah seharusnya menjadi HAK pegawai.
Adakah yang mau mengangkat masalah ini bersama-sama? Agar kita tidak selalu dirugikan sebagai pegawai.

Tidak ada komentar: